Di Akhir Jabatan Presiden Jokowi Masih Resmikan Jalan Tol Indrapura-Kisaran, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Utara

· 3 min read
dynasty4dtoto-gifoasistogel-gif
 Presiden Jokowi

Di Akhir Jabatan Presiden Jokowi Masih Resmikan Jalan Tol Indrapura-Kisaran, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Utara

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), didampingi Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Agus Fatoni, meresmikan Jalan Tol Indrapura-Kisaran pada Rabu (16/10/2024). Acara peresmian ini berlangsung di Gerbang Tol Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, dan dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi.

Jalan tol yang diresmikan mencakup dua seksi, yaitu Seksi I (Indrapura-Lima Puluh) sepanjang 15,6 km dan Seksi II (Lima Puluh-Kisaran) sepanjang 32,15 km, dengan total panjang 47,75 km. Proyek infrastruktur ini telah dibangun sejak tahun 2018 dengan anggaran mencapai Rp6,32 triliun.

“Dengan mengucap ‘Bismillah’ pada siang ini saya resmikan Jalan Tol Ruas Indrapura-Kisaran Seksi II (Lima Puluh-Kisaran) di Provinsi Sumatera Utara,” ujar Presiden Jokowi dalam pidatonya.
Selain meresmikan Jalan Tol Indrapura-Kisaran, Presiden Jokowi juga meresmikan Jalan Tol Betung-Tempino di Provinsi Jambi, khususnya pada Seksi 3 Bayung Lencir-Tempino sepanjang 34 km. Proyek ini menelan biaya sebesar Rp5,6 triliun dan telah dibangun sejak dua tahun lalu.

Presiden menekankan pentingnya keberadaan jalan tol untuk mempercepat mobilitas masyarakat dan distribusi logistik di berbagai daerah. “Adanya jalan tol, utamanya di sepanjang Trans Sumatera, akan mempercepat mobilitas orang dan barang, sehingga daerah-daerah di Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara lain,” tegas Presiden.
Tol Trans Sumatera: Pendorong Mobilitas dan Pertumbuhan Ekonomi

Dengan diresmikannya jalan tol ini, Jokowi berharap infrastruktur tersebut dapat memacu pertumbuhan ekonomi di wilayah-wilayah yang dilalui. “Distribusi logistik akan lebih cepat, sehingga perekonomian di Sumatera Utara dan Jambi akan semakin meningkat,” tambahnya.
Prosesi peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti untuk kedua proyek tol yang baru saja diresmikan. Usai peresmian, Presiden Jokowi beserta rombongan melakukan peninjauan terhadap fasilitas-fasilitas yang ada di sepanjang ruas tol Indrapura-Kisaran.
Kegiatan ini turut dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pimpinan DPR RI Komisi V, Pj Bupati Asahan Basarin Yunus Tanjung, jajaran Forkopimda Provinsi Sumut, serta sejumlah pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Peningkatan Infrastruktur untuk Daya Saing Global

Jalan tol ini merupakan bagian dari proyek besar Jalan Tol Trans Sumatera yang diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar wilayah di Pulau Sumatera. Infrastruktur ini juga dianggap sebagai langkah strategis untuk mendorong daya saing Indonesia di kancah global, terutama dalam hal efisiensi transportasi dan distribusi barang.

Dengan semakin banyaknya ruas tol yang diresmikan, baik masyarakat maupun sektor industri diharapkan dapat merasakan dampak positif berupa penurunan biaya logistik dan percepatan waktu tempuh, yang pada akhirnya akan memperkuat perekonomian nasional. (KSC)


Logo
Copyright © 2024 Tumble. All rights reserved.