Relasi dengan Shopee Begini Tanggapan Gibran, Kami Kerja Sama Profesional

· 4 min read
dynasty4dtoto-gifoasistogel-gif
Shopee

Relasi dengan Shopee Begini Tanggapan Gibran, Kami Kerja Sama Profesional

Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming memastikan hubungan dirinya dengan e-commerce Shopee selama menjabat sebagai wali kota Solo adalah kerja sama profesional. “(Hubungan) profesional saja. Kerja sama (membangun kantor) di Technopark (Solo Technopark),” ujar Gibran di sela-sela blusukan bersama pasangan bakal calon wali kota dan wakilnya, Respati Ardi dan Astrid Widayani, di sejumlah wilayah di Solo, Jawa Tengah, pada Selasa, 10 September 2024.

Munculnya isu hubungan baik e-commerce Shopee dengan Gibran ditengarai terlihat dari banyaknya kerja sama Shopee di Solo selama Gibran menjabat wali kota periode 2021-2024. Nama perdagangan berbasis elektronik itu saat ini disebut-sebut terseret kasus dugaan gratifikasi penggunaan jet pribadi oleh Kaesang Pangarep, adik Gibran, yang juga putra bungsu Presiden Joko Widodo.

Ihwal penggunaan pesawat jet pribadi oleh Kaesang dan istrinya, Erina Gudono, yang disebut-sebut fasilitas dari Shopee, Gibran meminta hal tersebut ditanyakan langsung pada adiknya itu. “Tanya Kaesang,” ucap Gibran mengelak.

Saat ditanya apakah penggunaan jet pribadi tersebut termasuk perjanjian kerja sama atau MoU dengan pihak Shopee, Gibran pun dengan nada tegas membantahnya. Ia memastikan itu tidak ada. "Ngawur kamu. Nggak ada itu," ucap Gibran. Dia kembali menegaskan, hubungan pemerintah kota Solo dengan Shopee adalah profesional kerja sama, termasuk pembangunan kantor Technopark.

Sebagaimana diketahui, Kaesang tengah menjadi sorotan setelah potongan video dia dan istrinya, Erina Gudono, sedang plesiran ke Amerika Serikat menggungakan jet pribadi jenis Gulfstream G650 dengan nomor penerbangan N588SE. Tayangan video yang beredar di media sosial tampak Kaesang dan Erina turun dari pesawat jet pribadi. Keduanya langsung menuju mobil hitam yang terparkir tak jauh dari pesawat

Video itu viral tak lama setelah Erina membagikan foto jendela pesawat lewat Instagram story-nya. Jendela itu tampak oval berbeda dengan bentuk jendela komersil pada umumnya. Sejumlah netizen lantas menelusuri dan menduga pesawat yang ditumpangi Erina adalah jet pribadi jenis Gulfstream G650.

Warganet kemudian mengunggah potongan dokumen yang memperlihatkan pemilik Gulfstream G650ER dengan nomor penerbangan N588SE diduga adalah Garena Online (Private) Ltd, unit usaha SEA Group. Garena Online (Private) Limited, salah satu anak usaha SEA Limited yang juga menaungi Shopee.

Di tengah-tengah ramainya perbincangan soal Kaesang dan Erina Gudono naik jet pribadi, pada Rabu, 28 Agustus 2024, Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman melaporkan Kaesang, ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). MAKI menyebutkan adanya dugaan penerimaaan gratifikasi karena fasilitas mewah disebut-sebut disediakan Shopee.

Dalam aduannya, Boyamin Saiman melampirkan surat perjanjian kerja sama atau MoU antara Pemerintah Kota Solo dengan PT Shopee Internasional Indonesia yang ditandatangani oleh Gibran Rakabuming Raka sebagai wali kota Solo kala itu. Gibran adalah kakak kandung Kaesang.

sumber artikel : suksesslot

Logo
Copyright © 2024 Tumble. All rights reserved.