Agar Tulang Kuat Sampai Tua, Berikut Rekomendasi 5 Makanan

· 3 min read
dynasty4dtoto-gifoasistogel-gif
 Makanan

Agar Tulang Kuat Sampai Tua, Berikut Rekomendasi 5 Makanan

Tulang yang kuat berperan penting dalam aktivitas sehari-hari. Sebaiknya konsumsi makanan yang mendukung tulang tetap kuat bahkan sampai tua nanti. Apa saja?

Para ahli mendorong untuk mengonsumsi pangan dengan pola gizi seimbang. Salah satu nutrisi yang jelas tidak boleh terlewatkan adalah kalsium dan vitamin D.

Kedua nutrisi ini diperlukan untuk memiliki tulang yang kuat dan sehat. Kalsium berguna untuk pembentukan dan menjaga kepadatan tulang. Sementara vitamin D diperlukan untuk membantu penyerapan kalsium.

Makanan agar tulang kuat
Beberapa makanan berikut sebaiknya dimasukkan dalam diet harian agar tulang kuat sampai tua.
1. Ikan berlemak
Pastikan kecukupan asupan protein lewat beberapa jenis pangan, salah satunya ikan. Demi tulang tetap kuat, pilih ikan berlemak seperti salmon, tuna, atau ikan kembung.
Ikan berlemak mengandung vitamin D dan asam lemak omega 3 yang mendukung kesehatan tulang.

2. Tahu
Selain protein hewani, ada pula protein nabati. Produk kedelai, salah satunya tahu, menawarkan fleksibilitas dalam pengolahan.

Selain itu, mengutip dari WebMD, 126 gram (g) tahu mengandung lebih dari 860 miligram (mg) kalsium.

Sementara itu, penelitian menunjukkan, kandungan isoflavon yang banyak terdapat pada tahu bermanfaat untuk menangkap penyakit tulang pada wanita setelah menopause.
3. Almond


Anda dengan mudah mendapatkan asupan kalsium dari camilan. Salah satu makanan agar tulang kuat adalah kacang almond. Kandungan kalsium pada kacang satu ini terbilang tinggi.

Pada selai almond, sebanyak 2 sendok makan sajian selai mengandung 111 mg kalsium. Tak hanya itu, dengan takaran yang sama, selai almond memberikan asupan kalium sebanyak 240 mg.

4. Buah kering
Camilan berupa buah kering sangat direkomendasikan jika Anda ingin menjaga kesehatan tulang. Buah kering mengandung sekitar 65 g kalsium.

Buah kering juga bisa dijadikan topping smoothies, campuran salad buah, atau oatmeal untuk sarapan.

5. Kacang-kacangan
Golongan kacang-kacangan merupakan golongan pangan tinggi kalsium, protein, juga lemak. Anda bisa mendapat asupan kalsium dari camilan kacang-kacangan.

Makanan agar tulang kuat ini sebaiknya dikonsumsi tanpa gula atau garam tambahan agar asupan kalori tidak melonjak.

Logo
Copyright © 2024 Tumble. All rights reserved.